https://jurnalmanagement.stienganjuk.ac.id/index.php/jmd/issue/feed Jurnal Manajemen Dinamis 2024-02-12T04:42:03+00:00 Hafiez Sofyani hafiez.sofyani@umy.ac.id Open Journal Systems https://jurnalmanagement.stienganjuk.ac.id/index.php/jmd/article/view/13 Analisis Strategi Penyaluran Dana ZIS Dalam Peningkatan Ekonomi Mitra Umkm 2023-08-21T08:42:42+00:00 Nur Hidayati Dwi Lestari dwilestarinh@gmail.com Ahim Abdurahim ahima1@gmail.com <p><strong>Latar Belakang</strong>: Kemiskinan yang ada di Indonesia saat ini tidak bisa terlepas dari rendahnya tingkat pendapatan ekonomi masyarakat. Salah satu penyebab terjadinya kemiskinan adalah masyarakat yang kesulitan meningkatkan modal. Dana ZIS (Zakat, Infaq, dan Shadaqah) dapat diandalkan sebagai mekanisme untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di masyarakat.</p> <p><strong>Tujuan</strong>: Tujuan dari penelitian ini untuk&nbsp; mengetahui strategi penyaluran dana ZIS dalam meningkatkan ekonomi mitra UMKM di LAZISMU Bantul Kota.</p> <p><strong>Metode Penelitian</strong>: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif&nbsp; yang dimana penelitian ini menggunakan informasi yang ada di lapangan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi.</p> <p><strong>Hasil Penelitian</strong>: Optimalisasi strategi penyaluran dana ZIS dalam meningkatkan ekonomi mitra UMKM di LAZISMU Bantul Kota belum optimal. Hal ini dikarenakan pada tahap pembekalan dan monitoring belum terlaksana secara tepat dan benar. LAZISMU Bantul Kota selanjutnya untuk lebih mengoptimalkan tahap pembekalan dan monitoring kepada para mitra UMKM, dan disarankan juga mitra UMKM yang berhasil dijadikan model untuk para mitra UMKM yang belum berhasil.</p> <p><strong>Keaslian/Kebaruan Penelitian</strong>: Penelitian ini memberikan gambaran lebih detil mengenai strategi penyaluran dana ZIS dalam peningkatan ekonomi mitra UMKM.</p> 2023-08-21T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 Nur Hidayati Dwi Lestari, Ahim Abdurahim https://jurnalmanagement.stienganjuk.ac.id/index.php/jmd/article/view/14 Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Pembelian Ulang 2023-09-21T06:53:29+00:00 M. Muflih Prasetyo mmuflihp@gmail.com Sutrisno Wibowo wibowo@umy.ac.id <p><strong>Latar Belakang</strong>: Data penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Digital Marketing Indonesia (DIGIMIND) terhadap 700 juta produk yang beredar di <em>marketplace </em>menunjukkan bahwa kategori produk perawatan kecantikan menjadi kategori paling laris dan banyak diminati oleh konsumen di Indonesia pada tahun 2022.</p> <p><strong>Tujuan</strong>: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh citra merek, kualitas produk dan persepsi harga terhadap minat beli ulang yang dimediasi oleh kepuasan konsumen pada produk perawatan kulit Scarlett Whitening.</p> <p><strong>Metode Penelitian</strong>: Subjek pada penelitian ini merupakan konsumen yang telah menggunakan dan melakukan pembelian produk perawatan kulit Scarlett Whitening melalui <em>marketplace</em>. Sampel pada penelitian ini berjumlah 150 responden yang dipilih menggunakan metode <em>purposive sampling</em>. Alat analisis yang digunakan adalah <em>Analysis Moment Of Structural</em>&nbsp; (AMOS).</p> <p><strong>Hasil Penelitian</strong>: Citra merek, kualitas prooduk dan persepsi harga berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli ulang konsumen serta kepuasan konsumen terbukti dapat memediasi secara signifikan pengaruh citra merek, kualitas prooduk dan persepsi harga terhadap minat beli ulang konsumen.</p> <p><strong>Keaslian/Kebaruan Penelitian</strong>: Penelitian ini menguji kembali peran mediasi kepuasan konsumen terhadap hubungan pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap pembelian ulang untuk menjawab inkonsistensi hasil penelitian terdahulu. Adapun variabel hubungan kualitas produk terhadap pembelian ulang ditambahkan untuk mengembangkan hasil penelitian terdahulu.</p> 2023-09-21T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 M. Muflih Prasetyo, Sutrisno Wibowo https://jurnalmanagement.stienganjuk.ac.id/index.php/jmd/article/view/15 Pengaruh Keaslian Merek Terhadap Nilai Yang Diterima dan Kepercayaan Merek 2023-10-04T07:28:35+00:00 Misbahul Anwar misbahulanwar@umy.ac.id Sutrisno Wibowo sutrisnojmd@gmail.com Mia Yuliana miayulianajmd@gmail.com <p><strong>Latar Belakang</strong>: Industri minuman bersoda merupakan salah satu industri dengan peluang yang cukup besar dengan persaingan yang terus meningkat.</p> <p><strong>Tujuan</strong>: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keaslian merek terhadap nilai yang diterima dan kepercayaan merek.</p> <p><strong>Metode Penelitian</strong>: Individualitas merek, konsistensi merek dan kontinuitas merek merupakan variabel <em>eksogen</em> dengan kepercayaan merek sebagai variabel <em>endogen</em> dalam penelitian ini. Adapun variabel <em>endogen</em> dalam penelitian ini adalah nilai yang diterima dan kepercayaan merek, dengan keaslian merek sebagai variabel <em>intervening</em> Objek penelitian ini adalah produk minuman berkarbonasi merek “Coca-Cola” dengan jumlah sampel sebanyak 209 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan <em>Structural Equation Modeling</em> (SEM) dengan alat analisis AMOS 21.</p> <p><strong>Hasil Penelitian</strong>: Hanya individualitas merek yang tidak memiliki pengaruh terhadap keaslian merek, namun variabel konsistensi merek dan kontinuitas merek berpengaruh terhadap keaslian merek. Selain itu, ditemukan pengaruh positif dan signifikan dari keaslian merek terhadap nilai yang diterima dan kepercayaan merek.</p> <p><strong>Keaslian/Kebaruan Penelitian</strong>: Penelitian ini berkontribusi secara teoritis terhadap pengembangan literatur mengenai merek (<em>brand</em>) suatu produk.</p> 2023-10-04T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 Misbahul Anwar, Sutrisno Wibowo, Mia Yuliana https://jurnalmanagement.stienganjuk.ac.id/index.php/jmd/article/view/25 Pengaruh Rebranding Terhadap Persepsi Konsumen 2024-02-12T04:42:03+00:00 Muhammad Zainal Arifin muhammadzainal@gmail.com Muhammad Riza Hafizi mrizahafizi1@gmail.com Denta Ayu Safitri dentaayus@gmail.com <p><strong>Latar Belakang</strong>: Bidang industri mengalami persaingan yang ketat. Informasi suatu produk sangat mudah diakses oleh masyarakat karena kemajuan teknologi yang pesat. Masyarakat akan menjadi lebih selektif karena pengetahuan masyarakat yang semakin bertambah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan <em>rebranding</em>. Upaya untuk menyegarkan Kembali produk yang sudah ada dalam membuat komitmen yang positif merupakan definisi dari <em>rebranding</em>.</p> <p><strong>Tujuan</strong>: Tujuan penelitian untuk menganalisis <em>rebranding</em> toko Serba Harga Murah terhadap persepsi konsumen di kota Palangka Raya.</p> <p><strong>Metode Penelitian</strong>: Metode kualitatif dengan jenis <em>ex-post facto</em> merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang konsumen di Toko Serba Harga Murah kota Palangka Raya. Sampel diambil dengan teknik random sampling dengan rumus solvin. Analisis data menggunakan regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS ver. 25.</p> <p><strong>Hasil Penelitian</strong>: Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan Sig.nifikan antara <em>rebranding</em> toko Serba Harga Murah terhadap persepsi konsumen di kota Palangka Raya.</p> <p><strong>Keaslian/Kebaruan Penelitian</strong>: Penelitian ini menambah literatur dalam bidang pemasaran.</p> 2023-12-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Zainal Arifin, Muhammad Riza Hafizi, Denta Ayu Safitri