Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Skincare MS Glow Di Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk

Penulis

  • Ari Dhotul Azizah Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nganjuk, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59330/jmd.v1i1.8

Kata Kunci:

Kualitas Produk, Harga, Promosi, Loyalitas Pelanggan, MS Glow

Abstrak

Latar Belakang: Sebagian besar konsumen melihat suatu produk khususnya produk perawatan kecantikan seperti skincare hanya dari segi harga yang tidak mahal dijual bebas dipasaran dengan promosi yang menarik dan menjanjikan hasil instan tanpa memperhatikan tentang bagaimana kualitas produk tersebut. Maka diperlukan informasi tentang suatu produk yang bisa dipercaya untuk membantu konsumen menentukan produk yang memiliki kualitas dan aman bagi kesehatan kulit.

Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan skincare MS Glow di Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 98 pelanggan. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang disebarkan kepada 98 pelanggan skincare MS Glow di Septiana MS Glow Nganjuk. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji secara parsial menggunakan uji statistik t dan uji signifikasi f untuk menguji secara simultan.

Hasil Penelitian: Secara parsial terdapat pengaruh signifikan dari kualitas produk dan promosi terhadap loyalitas pelanggan namun tidak terdapat pengaruh signifikan dari harga terhadap loyalitas pelanggan. Secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara variabel kualitas produk, harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan.

Keaslian/Kebaruan Penelitian: Penelitian ini menggunakan MS Glow di Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk sebagai objek dari penelitian sehingga dapat menambah literatur mengenai pengaruh pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan.

Referensi

Novitawati, R. A. D., Mahfud, A., & Sasongko, T. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Sanger Warung Kopi Aceh Kota Malang. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(2), 130-136. https://doi.org/10.33366/ref.v7i2.1590

Wahyono, D. P., Sulastri., & David, M. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Terhadap Pelanggan Grab Food Pada Mahasiswa Stie KH. Ahmad Dahlan Di Kota Lamongan). MELATI STIEKHAD, 34(1), 127-127.

Hastary, D. S., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Distribusi pada Loyalitas Pelanggan Handphone XIAOMI yang Dimediasi Variabel Kepuasan (Studi Kasus pada Pelanggan Counter XIAOMI Garage Di Kota Malang). Jurnal Riset Manajemen, 8(No. 13), 82–94.

Kotler, P., & Amstrong. G. (2012). Marketing: An Introduction. Erlangga

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi Ke 12. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2014). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kurniawan, D. & Kunto Y., S. (2013). Pengaruh promosi dan store atmosphere terhadap impulse buying dengan shopping emotion sebagai variabel intervening studi kasus di Matahari department store cabang supermall Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-8.

Laely, N. (2016). Analisis pengaruh kepercayaan dan harga terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pada pt. telkomsel di kota kediri. JMM17: Jurnal Ilmu ekonomi dan manajemen, 3(2), 61 – 74. https://doi.org/10.30996/jmm17.v3i02.802

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen pemasaran jasa berbasis kompetensi. Salemba Empat.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan ,Penelitian). Andi.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Andi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-24

Cara Mengutip

Azizah, A. D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Skincare MS Glow Di Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. Jurnal Manajemen Dinamis, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.59330/jmd.v1i1.8

Terbitan

Bagian

Artikel