Pengaruh Kedisiplinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. J&T Express Cabang Veteran, Kab. Nganjuk

Penulis

  • Aprerica Sagita Proram Studi Manajemen, Sekolah Tinggin Ilmu Ekonomi Nganjuk, Indonesia
  • Ika Novaliana Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nganjuk, Indonesia
  • Dyan Arintowati Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nganjuk, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59330/jmd.v2i1.36

Kata Kunci:

Kedisiplinan, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan, J&T Express

Abstrak

Latar Belakang: PT. J&T Express fokus pada sektor pelayanan jasa. Perusahaan pengiriman paket kilat J&T Express menggunakan kemajuan teknologi sebagai sistem dasarnya. Pelanggan di seluruh Indonesia dapat memanfaatkan layanan ekspres berkat luasnya jaringan yang dimiliki J&T Express.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan ligkungan kerja terhadap kinerja karyawan baik secara parsial dan simultan.

Metode Penelitian: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan J&T Express Cabang Veteran, Kabupaten Nganjuk yang terbagi dalam 2 Kecamatan dan keseluruhan berjumlah 90 orang baik karyawan staff admin, koordinator, kurir, dan sprinter. Penentuan pengambilan sampel adalah sampling jenuh atau total sampling, yang mana anggota populasi dijadikan sampel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik dengan bantuan SPSS versi 22 diantaranya: uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi. Pada penelitian ini kedisiplinan dan lingkungan kerja berpengaruh secara positif signifikan terhadap kinerja karyawan.

Hasil Penelitian: Kedisiplinan dan lingkungan kerja berpengaruh secara positif terhadap kinerja karyawan PT. J&T Express Cabang Veteran, Kab. Nganjuk. Nilai koefisien determinasi menunjukkan kedisiplinan dan lingkungan kerja berpengaruh sebesar 68,4% terhadap kinerja karyawan dan sisanya 31,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keaslian/Kebaruan Penelitian: Penelitian ini berkontribusi terhadap literatur mengenai manajemen sumber daya manusia.

Referensi

Afrianti, F. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompensasi terhadap Motivasi Kerja Karyawan J&T Ekspress Cabang Kota Sungai Penuh Selama Pandemi Covid-19. Journal on Education, 5(1), 1442-1450.

Rosalina, M., & Wati, L. N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 18-32.

Nurhasanah, N., Jesika, S., Handani, D., Pratiwi, W., & Albadry, S. A. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan J&T Express Di Kabupaten Bungo. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3650-3659.

Desty, W.(2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Vol. 5, Manajemen Sumber Daya Manusia. Manajemen Sumber Daya Manusia. In Suparyanto Dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3). 2020. 248–253 P.

Fauzan, M. O. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Melalui Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan JNE di Provinsi Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(1), 69-71.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariete IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, I. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia; Konsep Dan Teori. 6th Ed. Bandung. 120 P.

Ronald, H. (2019). Analisis Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Manaj Sumber Daya Mns. IV:1–40.

Sugiyono. (2018). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif R&D. 5th Ed. Bandung: Cv. Alfabeta. 63 P.

Yusron, R. (2022). Determinasi Motivasi, Disiplin, Lingkungan Kerja Dan Komitmen Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai PLN UP3 Situbondo. Natl Multidiscip Sci. 1(1):73–7.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-22

Cara Mengutip

Sagita, A., Novaliana, I., & Arintowati, D. (2024). Pengaruh Kedisiplinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. J&T Express Cabang Veteran, Kab. Nganjuk. Jurnal Manajemen Dinamis, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.59330/jmd.v2i1.36

Terbitan

Bagian

Artikel