Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi, Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Syariah Indonesia KCP Solo Pasar Kliwon

Penulis

  • Rohwiyati Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Surakarta, Indonesia
  • Sulistya Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Surakarta, Indonesia
  • Yanti Sri Danarwati Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Surakarta, Indonesia
  • Indrian Supheni Program Studi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nganjuk, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59330/jmd.v2i1.35

Kata Kunci:

Kepuasan Nasabah, Kualitas Layanan, Loyalitas Pelanggan, Promosi

Abstrak

Latar Belakang: Membangun loyalitas nasabah merupakan salah satu target yang harus dicapai dalam aktivtias operasional perbankan, karena dapat menekan biaya-biaya promosi. Namun demikian, faktor-faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas nasabah terutama pada konteks bank syariah, masih perlu dieksplorasi.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas layanan, promosi, dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah PT Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Solo Pasar Kliwon.

Metode Penelitian: Metode kuantitatif data primer digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan 100 orang responden kuesioiner yang merupakan nasabah PT BSI KCP Solo Pasar Kliwon berdasarkan metode insidetal sampling. Data yang telah terkumpul di analisis menggunakan analisis regresi linear berganda.

Hasil Penelitian: Kualitas layanan, promosi, dan kepuasan nasabah pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah PT BSI KCP Solo Pasar Kliwon. Berdasarkan nilai koefisien variabel, seluruh variabel mampu menjelaskan pengaruhnya loyalitas nasabah sebesar 35,5%.

Keaslian/Kebaruan Penelitian: Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap literatur tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan pada konteks bank syariah di Indonesia.

Referensi

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. PT Rineka Cipta.

Darmawan, M. D. (2018). The effect of price, product quality, promotion, social factor, brand image on purchase decision process of loop product on youth segment (Case Study of Pt Telekomunikasi Selular). In Proceeding of International Seminar & Conference on Learning Organization.

Dharmmesta, B. S. (1999). Loyalitas pelanggan: Sebuah kajian konseptual sebagai panduan bagi peneliti. Jurnal ekonomi dan bisnis Indonesia, 14(3).

Ekasari, A., & Walyoto, S. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Layanan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet Indosat Ooredoo. Skripsi. IAIN Surakarta.

Estriyanti, E., & Subkhan, M. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pemakai Jasa Hotel (Studi Kasus pada Hotel Pesonna Malioboro Yogyakarta). Skripsi. STIE Widya Wiwaha.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Mulitivariate dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, J. (2005). Costumer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Erlangga

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran, Edisi 11, Jilid 1. PT Indeks

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1. Erlangga.

Moenir. (1998). Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Bumi Aksara.

Sangadji, E.M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Himpunan Jurnal Penelitian. CV Andi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-21

Cara Mengutip

Rohwiyati, Sulistya, Danarwati, Y. S., & Supheni, I. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi, Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Syariah Indonesia KCP Solo Pasar Kliwon. Jurnal Manajemen Dinamis, 2(1), 35–41. https://doi.org/10.59330/jmd.v2i1.35

Terbitan

Bagian

Artikel