Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Strategi Pemasaran Industri Rumahan di Kota Palangka Raya

Penulis

  • Novia Rahmadiyah Program Studi Ekonomi Syariah, IAIN Palangka Raya
  • Muhammad Riza Hafizi Program Studi Akuntansi Syariah, IAIN Palangka Raya
  • Al Hujjah Asianingrum Program Studi Akuntansi Syariah, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.59330/jmd.v2i1.31

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Ekonomi Islam, Kualitatif

Abstrak

Latar Belakang: Islam menganjurkan pemeluknya untuk menggeluti bidang bisnis secara profesional. Islam memberikan pedoman berupa norma-norma atau etika untuk menjalankan bisnis untuk menjaga etika spiritual, iman, dan akhlak yang mulia. Di Indonesia, bisnis rumahan berkembang sangat pesat. Bisnis rumahan dapat mendorong dan menjaga keseimbangan pertumbuhan ekonomi local maupun nasional.

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk strategi pemasaran industri rumahan kerupuk udang Cap Family di kota Palangka Raya sesuai dengan tinjauan ekonomi Islam.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari tiga konsumen industri rumahan kerupuk udang Cap Family di kota Palangka Raya. Data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa industri rumahan kerupuk udang Cap Family di kota Palangka Raya telah menggunakan strategi pemasaran yang sesuai dengan tinjauan ekonomi Islam.

Keaslian/Kebaruan Penelitian: Penelitian ini memberikan gambaran lebih detail mengenai strategi pemasaran yang sesuai dengan syariah Islam.

Referensi

Abuznaid, S. (2012). Islamic Marketing: Addresing The Muslim Market. An-Najah, 26, 1494.

Cannon, J. P., Perreault, W. D., & McCarthy, E. J. (2008). Pemasaran dasar: Pendekatan manajerial global. Salemba Empat.

Firdaus, R., & Faizasar, A. (2022). Analisis Marketing Mix Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam Studi Pada Masyarakat Pelaku UMKM Kue Kering di Kabupaten Tanah Datar. Management Studies and Ebterpreneurship Journal, 3, 2886.

Hamdan, U., Azzulala, B. N., Nasifah, N., & Kamiluddin, K. (2022). Urgensi Spiritual Marketing dan Marketing Syariah dalam Dunia Bisnis. IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah, 9(1), 27–37.

Hasnidar, H. (2023). Strategi Home Industri Kerupuk Udang Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Kecamatan Nipah Panjang. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Kaharudin, Robby, M., & Saputra, H. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Keripik Tempe Azzahra Desa Sumber Rahayu Dalam Perspektif Ekonomi Islam. ADL ISLAMIC ECONOMIC: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(2), 143–162.

Lestari, N., & Setianingsih, S. (2019). Analisis Produksi Dalam Perspestif Ekonomi Islam (Studi Terhadap Produsen Genteng di Muktisari, Kebumen, Jawa Tengah). LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 3, 96–120.

Qadariyah, L. (2023). Analisis Strategi Marketing Berbasis Marketplace dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Makanan Khas Kota Gresik Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada UMKM Jajanan Syar’i Kota Gresik). Kaffa: Journal of Sharia Economic & Bussines Law, 2(1), 1–20.

Qardhawi, Y. (1997). Norma dan Etika dalam Ekonomi Islam. Gema Insani Press.

Shin, A. I. A. (2008). Manajemen Syariah Sebuah Kajian Histori dan Kontemporer. Raja Grafindo Persada.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-18

Cara Mengutip

Rahmadiyah, N., Hafizi, M. R., & Asianingrum, A. H. (2024). Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Strategi Pemasaran Industri Rumahan di Kota Palangka Raya. Jurnal Manajemen Dinamis, 2(1), 10–19. https://doi.org/10.59330/jmd.v2i1.31

Terbitan

Bagian

Artikel