Pengaruh Rebranding Terhadap Persepsi Konsumen

Penulis

  • Muhammad Zainal Arifin Program Studi Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya,
  • Muhammad Riza Hafizi Program Studi Akuntansi Syariah, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Denta Ayu Safitri Program Studi Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.59330/jmd.v1i2.25

Kata Kunci:

Rebranding, Persepsi Konsumen, Palangkaraya

Abstrak

Latar Belakang: Bidang industri mengalami persaingan yang ketat. Informasi suatu produk sangat mudah diakses oleh masyarakat karena kemajuan teknologi yang pesat. Masyarakat akan menjadi lebih selektif karena pengetahuan masyarakat yang semakin bertambah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan rebranding. Upaya untuk menyegarkan Kembali produk yang sudah ada dalam membuat komitmen yang positif merupakan definisi dari rebranding.

Tujuan: Tujuan penelitian untuk menganalisis rebranding toko Serba Harga Murah terhadap persepsi konsumen di kota Palangka Raya.

Metode Penelitian: Metode kualitatif dengan jenis ex-post facto merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang konsumen di Toko Serba Harga Murah kota Palangka Raya. Sampel diambil dengan teknik random sampling dengan rumus solvin. Analisis data menggunakan regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS ver. 25.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan Sig.nifikan antara rebranding toko Serba Harga Murah terhadap persepsi konsumen di kota Palangka Raya.

Keaslian/Kebaruan Penelitian: Penelitian ini menambah literatur dalam bidang pemasaran.

Referensi

Alexandra, A. (2019). Pengaruh Rebranding Aplikasi Mandiri Online Terhadap Brand Equity Pada Pengguna Aplikasi Mandiri Online–Nasabah Kcu Bank Mandiri Bandung Surapati. Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi (JSMA), 11(2), 29–39.

Ariano, M. (2017). Pengaruh Rebranding Dan Repositioning Terhadap Brand Equity Smartphone Microsoft Lumia. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1453.

Burhanuddin, R. A., Wicaksono, B. W., Hanafiah, F. P., & Deskriptif, K. (2023). Rebranding bank kb bukopin dalam membangun brand image perusahaan. 17, 1216–1232.

Ginting, F., Buulolo, E., & Siagian, E. R. (2019). Implementasi Algoritma Regresi Linear Sederhana Dalam Memprediksi Besaran Pendapatan Daerah (Studi Kasus: Dinas Pendapatan Kab. Deli Serdang). KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 274–279. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1602

Jaelani, E., & Alexandra, A. (2019). Pengaruh Rebranding Aplikasi Mandiri Online Terhadap Brand Equity Pada Pengguna Aplikasi Mandiri Online – Nasabah Kcu Bank Mandiri Bandung Surapati. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 11(2), 29–39. https://doi.org/10.37151/jsma.v11i2.4

Lotulung, P. V., Mandey, S. L., & Lintong, D. C. A. (2023). Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Baju Bekas Impor Pada Masyarakat Kelurahan Karombasan Utara Lingkungan 8 Kecamatan Wanea. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(02), 561–572. https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.48635

Patrisia, M., & Nugrahani, R. U. (2021). Pengaruh Rebranding Terhadap Brand Image Pixy. EProceedings of Management, 8(3).

Pratama, M. I. (2015). Pengaruh Rebranding Terhadap Citra Bank Jambi Pada Nasabah. Jurnal Kajian Komunikasi, 3(2), 140–147.

Rosyada, A. (2018). Pengaruh Rebranding dan Kualitas Layanan Terhadap Citra Perusahaan Pada XL AXIATA (Studi pada Pengguna Simcard XL di XL Center Pemuda Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(1), 1–7.

Widhiarso, W. (2010). Uji Linieritas Hubungan.

Yadi, H. (2018). Strategi Positioning dalam Persaingan Bisnis (Points of Difference dan Points of Parity). AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 261–271.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Cara Mengutip

Arifin, M. Z., Hafizi, M. R., & Safitri, D. A. (2023). Pengaruh Rebranding Terhadap Persepsi Konsumen. Jurnal Manajemen Dinamis, 1(2), 93–99. https://doi.org/10.59330/jmd.v1i2.25

Terbitan

Bagian

Artikel