Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Pembelian Ulang

Penulis

  • M. Muflih Prasetyo Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Sutrisno Wibowo Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59330/jmd.v1i2.14

Kata Kunci:

Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kepuasan Konsumen, Minat Beli Ulang

Abstrak

Latar Belakang: Data penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Digital Marketing Indonesia (DIGIMIND) terhadap 700 juta produk yang beredar di marketplace menunjukkan bahwa kategori produk perawatan kecantikan menjadi kategori paling laris dan banyak diminati oleh konsumen di Indonesia pada tahun 2022.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh citra merek, kualitas produk dan persepsi harga terhadap minat beli ulang yang dimediasi oleh kepuasan konsumen pada produk perawatan kulit Scarlett Whitening.

Metode Penelitian: Subjek pada penelitian ini merupakan konsumen yang telah menggunakan dan melakukan pembelian produk perawatan kulit Scarlett Whitening melalui marketplace. Sampel pada penelitian ini berjumlah 150 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah Analysis Moment Of Structural  (AMOS).

Hasil Penelitian: Citra merek, kualitas prooduk dan persepsi harga berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli ulang konsumen serta kepuasan konsumen terbukti dapat memediasi secara signifikan pengaruh citra merek, kualitas prooduk dan persepsi harga terhadap minat beli ulang konsumen.

Keaslian/Kebaruan Penelitian: Penelitian ini menguji kembali peran mediasi kepuasan konsumen terhadap hubungan pengaruh citra merek dan persepsi harga terhadap pembelian ulang untuk menjawab inkonsistensi hasil penelitian terdahulu. Adapun variabel hubungan kualitas produk terhadap pembelian ulang ditambahkan untuk mengembangkan hasil penelitian terdahulu.

Referensi

DIGIMIND. (2022). Hasil Riset Penjualan Team Asosiasi Digital Marketing Indonesia ( www.digimind.id ) Periode Februari 2022. https://digimind.id/data-e-commerce-indonesia-asosiasi/

Ekaprana, I., D., G., A., Jatra, I., M., & Giantari, I., G., A., K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang. E-Jurnal Manajemen, 9(8), 2895-2914. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i08.p01.

Fakaubun, U. F. (2019). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Sepatu Adidas di Malang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Toko Sport Station Dinoyo, Malang). Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 2(2), 221-234. https://doi.org/10.33474/manajemen.v2i2.3743

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep & Aplikasi Dengan Program AMOS 24 Update Bayesian SEM (Ed.7). Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Girsang, N. M., Rini, E. S., & Gultom, P. (2020). The Effect of Brand Image and Product Quality on Re-purchase Intention with Customer Satisfaction as Intervening Variables in Consumers of Skincare Oriflame Users - A Study on Students of North Sumatra University, Faculty of Economics and Business. European Journal pf Management and Marketing Studies, 5(1), 40-57.

Huang, L. C., Gao, M., & Hsu, P. F. (2019). A Study on the Effect of Brand Image on Perceived Value and Repurchase Intention in Ecotourism Industry. Ekoloji, 283-287.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi (Ed.13). Erlangga.

Laela, E. (2021). Kualitas makanan, kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap minat pembelian ulang pada rumah makan ciganea purwakarta. Eqien - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1). https://doi.org/10.34308/eqien.v8i1.205

Mahendrayanti, M., & Wardana, I. M. (2021). The effect of price perception, product quality, and service quality on repurchase intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), (5)1, 182-188.

Marwanto, B., Welsa, H., & Kurniawan, I. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Pada Konsumen Produk Sayuran CV Tani Organik Merapi Pakem Sleman). Jurnal Kolaboratif Sains, 5(2), 120-128. https://doi.org/10.56338/jks.v5i2.2251

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2016). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Ed.0, Buku 2). Salemba Empat.

Praja, A. D., & Haryono, T. (2022). The Effect of Brand Image and Product Quality on Repurchase Intention Mediated by Consumer Satisfactiom Study at Uniqlo in Solo. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(2).

Pratama, R. A., & Astuti, S. R. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan GO-JEK di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 7(4), 665-679.

Prihatini, W., & Gumilang, D., A. (2021). The Effect of Price Perception, Brand Image and Personal Selling on the Repurchase Intention of Consumers B to B of Indonesian General Fishery Companies with Customer Satisfaction as Intervening Variables. European Journal of Business and Management Research, 6(2), 91-95. 10.24018/ejbmr.2021.6.2.756

Purnamawati, N. L. A., Mitariani, N. W. E., & Anggraini, N. P. N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan persepsi harga terhadap minat beli ulang di Bandung Collection Kecamatan Kuta Utara, badung. Values, 1(3).

Ramadhan, A. G., & Santosa, S. B. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6(1), 59-70.

Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang Smartphone OPPO. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akutansi dan Keuangan, 4(special issue 3). https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4iSpesial%20Issue%203.1004

Rizaty, M., A. (2021). 10 Merek Produk Perawatan Tubuh Terlaris di Indonesia Menurut Pangsa Pasar (Shopee & Tokopedia) (Agustus 2021). databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/05/industri-kosmetik-tumbuh-559-persen-ini-merek-perawatan-tubuh-terlaris-pada-agustus-2021

Rohwiyati, R., & Praptiestrini, P. (2019). The effect of shopee e-service quality and price perception on repurchase intention: Customer satisfaction as mediation variable. Indonesian Journal of Contemporary Management Research, 1(1), 47-54. https://doi.org/10.33455/ijcmr.v1i1.86

Sari, D. A., & Giantari, I. G. (2020). Role of Consumer Satisfaction in Mediating Effect of Product Quality on Repurchase Intention. International Research Journal of Management, IT & Social Sciences (IRJMIS), 7(1), 217-226.

Sarwini, S., & Rismawati. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 11(9).

Savitri, I., A., P., D. & Wardana, I. M. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan dan Niat Beli Ulang. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(1), 5748-5782. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i10.p19

Suhardi, Y., Burda, A., Ridho, A., Zulkarnaini, Z., & Darmawan, A. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 30(02), 75 - 86. https://doi.org/10.36406/jemi.v30i02.464

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Ed.4). CV. Andi Offset.

Wijaya, H. R., & Astuti, S. R. (2018). The Effect of Trust and Brand Image to Repurchase Intention in Online Shopping. International Conference on Economics, Business and Economic Education (ICE-BEES), 915-928.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-21

Cara Mengutip

Prasetyo, M. M., & Wibowo, S. (2023). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Pembelian Ulang. Jurnal Manajemen Dinamis, 1(2), 62–79. https://doi.org/10.59330/jmd.v1i2.14

Terbitan

Bagian

Artikel