Tingkat Kedisiplinan Kerja dengan Pemanfaatan Fasilitas Kantor Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi pada Kantor Pemerintah Desa Blitaran Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk

Penulis

  • Deny Putri Ayuningtyas Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nganjuk, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59330/jmd.v1i1.10

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Fasilitas Kantor, Disiplin Kerja

Abstrak

Latar Belakang: Kualitas pelayanan pada suatu organisasi atau lembaga merupakan cerminan dari sikap pegawai terhadap masyarakat yang dapat berkontribusi positif pada terwujudnya kepuasan dan loyalitas masyarakat. 

Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial maupun simultan disiplin kerja dan fasilitas kantor terhadap kualitas pelayanan administrasi pada Kantor Permerintah Desa Blitaran Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk.

Metode Penelitian: Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data dijalankan dengan SPSS meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja dan fasilitas kantor berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan administrasi pada Kantor Pemerintah Desa Blitaran Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk.

Keaslian/Kebaruan Penelitian: Pelayanan publik merupakan isu krusial yang perlu dipertimbangkan dalam pembangunan otonomi. Oleh sebab itu, penelitian ini penting untuk dilakukan untuk mengetahui apakah disiplin kerja dan fasilitas kantor dapat mempengaruhi kualitas pelayanan khususnya pada pemeritah kabupaten Nganjuk.

Referensi

Akay, R., Kaawoan, J. E., & Pangemanan, F. N. (2021). Disiplin Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tikala. GOVERNANCE, 1(1), 1-8.

Alhayra, A. R., Ruma, Z., & Natsir, U. D. (2022). Pengaruh Fasilitas Kantor Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Puskesmas Herlang Kabupaten Bulukumba. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 303–314. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.215

Amrulloh, A. M. K., & Pramusinto, H. (2017). Pengaruh kepemimpinan kepala desa, fasilitas kantor, dan kompensasi terhadap kinerja se-kecamatan sukorejo. Economic education analysis journal, 6(3), 912-922.

Anita, W. F., Jauhari, A., & Saptaria, L. (2022). Pengaruh Fasilitas Kantor, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kelurahan Bawang Kota Kediri. OPTIMAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 2(4), 282-303. https://doi.org/10.55606/optimal.v2i4.755

Cendana, G. A., & Oktariyanda, T. A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Desa Jombok Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Publika, 1089-1100.

Gaol, J. L., Hutabarat, L., & Bate’e, E. M. (2020). Pengaruh Fasilitas Kantor Dan Kedisiplinan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan. Jurnal Darma Agung, 28(2), 286. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v28i2.650

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irawan, A., & Suryani, N. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Fasilitas Kantor, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Perdagangan Kota Semarang. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 265-278.

Kurniasari, R. R. A., & Oktarina, N. (2020). Pengaruh Fasilitas Kantor, Disiplin Kerja, Dan Kompetensi Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan. Business and Accounting Education Journal, 1(3), 280–289. https://doi.org/10.15294/baej.v1i3.46524

Nazaruddin, I., & Basuki, A. T. (2015). Analisis statistik dengan SPSS. Danisa Media.

Panjaitan, E., Dewi, R., & Angelia, N. (2019). Peranan Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi kepada Masyarakat. PERSPEKTIF, 8(1), 32-38. 10.31289/perspektif.v8i1.2543

Panjaitan, F. (2018). Implementasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Serta Dampaknya terhadap Kualitas Pelayanan Internal (Survei pada Aparatur Sipil Negara di Instansi Pemerintah Kota Medan). Jurnal Manajemen dan Bisnis, 73-86. https://doi.org/10.54367/jmb.v18i1.422

Putra, A. N. D. A., & Lestari, P. V. (2016). Pengaruh kebijakan dividen, likuiditas, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (Doctoral dissertation, Udayana University).

Ratna, R., & Meiliani, E. (2018). Pengaruh Fasilitas Kantor, Kualitas Pelayanan Dan Standar Operasional Prosedur Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kabupaten Batanghari. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 147-152. https://doi.org/10.33087/eksis.v9i2.142

Siahaan, Y. L. O., & Meilani, R. I. (2019). Sistem kompensasi dan kepuasan kerja guru tidak tetap di sebuah SMK swasta di Indonesia. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(2), 141-149. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Sinambela, L. P. (2012). Kinerja Pegawai Teori Pengukuran Dan Implikasi. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatifdan R&D. Alfabeth

Vellayati, W. A., & Dwihartanti, M. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan publik dan disiplin kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat di kantor balai desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1, 7(2), 146-154.

Zakiyah, N., & Wahyono, W. (2020). Peran Kualitas Pelayanan Dalam Memediasi Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Disiplin Kerja, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 690-703. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.31647

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-07

Cara Mengutip

Ayuningtyas, D. P. (2023). Tingkat Kedisiplinan Kerja dengan Pemanfaatan Fasilitas Kantor Guna Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi pada Kantor Pemerintah Desa Blitaran Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk. Jurnal Manajemen Dinamis, 1(1), 36–44. https://doi.org/10.59330/jmd.v1i1.10

Terbitan

Bagian

Artikel